List:       postfix-users-id
Subject:    Re: [postfix-users] clamd
From:       "IYAN" <iyan () iyan ! org>
Date:       2004-03-20 3:06:57

Halo,

saya share dikit dengan sophos,
saya pake sophos untuk beberapa client, mulai versi 3.73 ke atas (sekarang
versi 3.79) untuk platform linux pemakaian memory gila-gilaan, swap bisa
dipakai sampe 1-1,5 GB apabila mail sedang sibuk, udah diakali softlimit
masih gak mempan :)

saya sudah claim ke sophos tapi gak dijawab sampe hari ini,

saya pernah ujicoba juga waktu mailnya ngadat2 sophosnya diremove, mail
lancar swap gak naek tapi virus masuk semua, saya masuki lagi sophosnya,
swap naek lagi sampe server lelet walau ke console lokal, saya ganti
clamav jalannya lancar, karena gak yakin baliki ke sophos lagi, masalah
timbul lagi, saya pakai qmail-scanner dan qmail, ada 3 mailserver dengan
client berbeda masalahnya sama kayak ini, client A trafik sehari 60-70
ribu mail/hari, yg client B 300 ribu/hari :(, client C masih pake sophos,
trafiknya rendah jadi masih no problem walaupun memory cuma 128 MB,

saya juga ujicoba dengan mailmonitor for unix (linux) punya sophos,
sekarang dengan mesin yg pake exim, port 25 dihandle oleh mailmonitor
punya sophos, port smtp saya ubah ke 2525, eh malem2 antivirus nya down
sendiri, mail gak ada yg masuk hehehehe, kalau mail tidak padat lancar2
saja,

untuk sophos platform windowsnya gak masalah.
sekian share sophos nya,

Salam
IYAN